Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Design created with PosterMyWall

Tananua Flores dan YPI Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Program di Pontianak

 

Dok.YTNF

Pontianak,– Yayasan Tananua Flores (YTNF) bersama Yayasan Planet Indonesia (YPI) mengikuti kegiatan belajar bersama di Hall Neo Hotel, Pontianak, Kalimantan Barat pada 1-4 Oktober 2024. Acara ini dirancang untuk memperkuat kemampuan kedua lembaga dalam pelaporan, pelacakan, dan implementasi program sesuai dengan logframe yang telah disepakati. Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa pengelolaan program dilakukan secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Dalam sambutan pembukaannya, Direktur YTNF, Bernadus Sambut, menekankan pentingnya kemitraan berbasis kesetaraan antara YTNF dan YPI. “Kemitraan ini dibangun atas dasar kesetaraan, di mana kedua lembaga saling mendukung dan belajar satu sama lain untuk mencapai hasil yang lebih baik dan berkelanjutan,” ujar Bernadus.

Rusli, salah satu Dewan Pengurus YPI, menambahkan bahwa kegiatan ini juga menerapkan model "Transfer Exchange," di mana peserta mengunjungi kelompok model untuk mempelajari metode dan praktik terbaik dalam manajemen program. “Melalui bimbingan teknis langsung, peserta mendapatkan dukungan dalam pelaporan, pengelolaan anggaran, dan penerapan konsep baru, membantu memastikan akuntabilitas dan efektivitas implementasi,” kata Rusli.

Ketua Dewan Pengurus Yayasan Tananua Flores, Hironimus Pala, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini, antara lain:

Pertama,Menyusun kesepahaman dan kesepakatan bersama dalam monitoring, evaluasi, dan pembelajaran (MEL) terkait logframe proyek bersama yang didanai oleh Trafigura Foundation.

Kedua,Memastikan manajemen pelaporan dan pengelolaan anggaran di YTNF sesuai dengan persyaratan proyek.

Ketiga, Berbagi pengalaman terkait praktik manajemen organisasi yang efektif berdasarkan pengalaman YPI.

Ke Empat, Memperkenalkan dan mendukung penerapan konsep baru, seperti perhutanan sosial dan literasi.

Doc.YTNF

 Sementara itu Halima Thus’Adya, salah satu peserta, berharap kegiatan ini akan menghasilkan kesepahaman yang lebih baik dalam penerapan MEL, serta meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan anggaran di YTNF. Kegiatan yang berlangsung selama lima hari ini juga memperkenalkan konsep-konsep baru dalam kesehatan, literasi, dan perhutanan sosial, serta membantu peserta menyusun rencana aksi yang sesuai dengan kebutuhan lokal.

Pada hari pertama, peserta dari YTNF dan YPI menyelaraskan pemahaman terkait logframe program dengan merujuk pada logframe Trafigura Foundation. Adam, perwakilan dari Planet Indonesia, menyatakan bahwa kemitraan ini didasarkan pada kepercayaan dan kesetaraan. "Kita harus memastikan bahwa outcome, data, dan dokumen program valid, akuntabel, dan transparan," ungkap Adam.

Hari-hari selanjutnya diisi dengan pembelajaran tentang konsep perhutanan sosial, pengelolaan keuangan, pengembangan program kesehatan, serta literasi. Herman Nebon Lion, salah satu peserta dari YTNF, menyatakan antusiasmenya terhadap kegiatan ini, terutama karena dapat belajar langsung dari sistem Monitoring, Evaluasi, Akuntabilitas, dan Pembelajaran (MEAL) yang diterapkan di YPI.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas kedua lembaga dalam mengelola program secara kolaboratif, dengan koordinasi, komunikasi, serta transparansi yang lebih baik di masa depan.

Oleh : Hery Se

Posting Komentar

0 Komentar